5 Tips Merawat Tanaman Hias yang Rusak karena Hujan

  • Whatsapp

Hujan sebenarnya hal yang penting untuk tanaman hias, seperti matahari dan nutrisi. Hanya saja, sama dengan hal lainnya, jika terlalu banyak bisa menyebabkan masalah.

Saat hujan lebat menerpa, tentu kita khawatir tanaman hias tersebut akan rusak. Di sisi lain, yang perlu kita tahu adalah hujan dan tanaman hias selama ini telah hidup berdampingan. Ini artinya tanaman hias sangat mampu menangani kerusakan akibat hujan.

Meski demikian, kita juga harus tahu cara merawat tanaman hias yang mengalami kerusakan karena hujan. Supaya pemulihannya juga lebih baik. Nah, berikut ini 5 tips merawat tanaman hias yang rusak karena hujan, dilansir Gardening Know How dan Flower Power.

1. Biarkan pulih dengan sendirinya
Kerusakan akibat hujan lebat pada tanaman hias memang membuatnya tampak seperti sedikit lebih rata dari sebelumnya. Tetapi jika melihat lebih dekat pada batang dan cabang, Bunda akan melihat sesuatu yang menakjubkan, di mana sebagian besar bagian yang rusak akibat hujan itu bengkok saja, tidak sampai patah.

Tanaman hias Bunda mungkin terlihat buruk, tetapi kelenturannya menyelamatkan mereka dari badai hujan yang dahsyat. Selama mereka tidak benar-benar roboh, bisa segera menopang diri kembali. Sebaliknya, jika tanaman hias tetap kaku dalam menghadapi hantaman hujan lebat, artinya jaringan akan pecah atau retak, serta lebih sulit pulih.

Kalau memang tak begitu parah, beberapa hari hingga seminggu setelah badai yang merusak, tanaman hias akan tumbuh kembali. Kadang-kadang bunga rusak dan daunnya sedikit robek, tetapi tanaman hias itu sendiri akan menggantikan area yang terluka jauh lebih cepat daripada yang terlihat, jika Bunda membiarkannya secara alami. Bunda juga dapat membantu menopang pohon yang lebih kecil dengan pancang saat mereka mulai berakar kembali.

Pos terkait