Perlunya Tingkatkan Pemahaman Masyarakat soal Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

Jakarta – Vaksin Covid-19 telah tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020. Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, menilai pemahaman masyarakat terhadap proses vaksinasi harus terus ditingkatkan agar pengendalian Covid-19 di Indonesia bisa terlaksana secara baik.

“Kita bersyukur vaksin itu telah tiba, namun yang terpenting saat ini adalah kesiapan dalam mengaplikasikan vaksin itu,” katanya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pengaplikasian vaksin ini merupakan tahapan pengendalian Covid-19 yang sangat menentukan, selain konsisten dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan. Ia yakin pemerintah sudah memiliki skema dan rencana pengaplikasian vaksin tersebut sehingga yang harus dipastikan saat ini adalah rencana dan skema itu bisa berjalan dengan baik.

“Rangkaian sosialisasi terkait teknis pelaksanaan dan distribusi vaksin harus konsisten agar para pelaksana di lapangan memahami apa yang harus dilakukan saat pengaplikasian vaksin Covid-19 itu,” ujarnya.

Pada sisi lain, dia menilai protokol kesehatan, seperti #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun harus menjadi norma baru dalam keseharian masyarakat dan tidak boleh kendur walau tanpa sanksi. Menurutnya, pemerintah juga harus mewaspadai dampak dari euforia datangnya vaksin, seperti kemungkinan terjadinya pemalsuan vaksin sehingga pemerintah perlu mengedukasi masyarakat agar tidak terjebak menggunakan vaksin palsu.

Ia berharap masyarakat mematuhi skema dan rencana pemerintah dalam proses vaksinasi Covid-19 sehingga tahun depan pemerintah bisa berkonsentrasi penuh memulihkan perekonomian yang tersendat.

Sumber : Tempo

Pos terkait